Supervisi Pengajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Kegiatan Bertanya

Authors

  • Ida Ayu Kartini UPT Disdikpora Kec. Abiansemal, Badung

DOI:

https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.10

Keywords:

Supervisi Pengajaran, Kemampuan Guru Melaksanakan Kegiatan Bertanya

Abstract

Pembelajaran yang telah dilaksanakan selama ini lebih ke hal-hal yang abstrak. Hal itu telah menyebabkan rendahnya kemampuan guru melaksanakan kegiatan bertanya. Oleh karena itu diperlukan supervisi oleh pengawas agar mereka mudah dalam melaksanakan kegiatan bertanya di dalam proses belajar mengajar. Supervisi pengajaran diupayakan untuk dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan kegiatan bertanya di SD No. 1 Bongkasa, SD No. 2 Bongkasa dan SD No. 3 Bongkasa pada semester I tahun pelajaran 2020/2021. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan observasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah supervisi pengajaran bisa meningkatkan kemampuan guru melaksanakan kegiatan bertanya. Ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh pada data awal  diperoleh rata-rata sebesar 74,56, meningkat pada siklus I menjadi 85,11 dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 93,29. Hal itu membuktikan bahwa supervisi pengajaran dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan kegiatan bertanya di SD No. 1 Bongkasa, SD No. 2 Bongkasa dan SD No. 3 Bongkasa  pada semester I tahun pelajaran 2020/2021

Downloads

Published

2023-02-12

How to Cite

Kartini, I. A. . (2023). Supervisi Pengajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Kegiatan Bertanya. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 86–95. https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.10