Supervisi Pengajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Kegiatan Bertanya
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.10Keywords:
Supervisi Pengajaran, Kemampuan Guru Melaksanakan Kegiatan BertanyaAbstract
Pembelajaran yang telah dilaksanakan selama ini lebih ke hal-hal yang abstrak. Hal itu telah menyebabkan rendahnya kemampuan guru melaksanakan kegiatan bertanya. Oleh karena itu diperlukan supervisi oleh pengawas agar mereka mudah dalam melaksanakan kegiatan bertanya di dalam proses belajar mengajar. Supervisi pengajaran diupayakan untuk dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan kegiatan bertanya di SD No. 1 Bongkasa, SD No. 2 Bongkasa dan SD No. 3 Bongkasa pada semester I tahun pelajaran 2020/2021. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan observasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah supervisi pengajaran bisa meningkatkan kemampuan guru melaksanakan kegiatan bertanya. Ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh pada data awal diperoleh rata-rata sebesar 74,56, meningkat pada siklus I menjadi 85,11 dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 93,29. Hal itu membuktikan bahwa supervisi pengajaran dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan kegiatan bertanya di SD No. 1 Bongkasa, SD No. 2 Bongkasa dan SD No. 3 Bongkasa pada semester I tahun pelajaran 2020/2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Nalar : Pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.