Kerja Praktek Berbantuan Supervisi Kunjungan Kelas Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Kelas
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.11Keywords:
Kerja Praktek, Supervisi Kunjungan Kelas, Kemampuan Guru Mengelola KelasAbstract
Pemicu rendahnya kemampuan guru mengelola kelas ada pada faktor-faktor metode, strategi dan model pembelajaran yang digunakan guru. Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan guru mengelola kelas di SD No. 1 Petang, SD No. 2 Petang dan SD No. 3 Petang dengan penggunaan kerja praktek yang ditindaklanjuti dengan supervisi kunjungan kelas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar yang dianalisis secara deskriptif kuantiatif. Dari hasil analis didapatkan bahwa kemampuan mengelola kelas mengalami peningkatan dari data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan nilai rata-rata sebesar 74,86, pada siklus I meningkat menjadi 84,86 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93,86. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan kegiatan kerja praktek yang ditindaklanjuti dengan supervisi kunjungan kelas mampu meningkatkan kemampuan guru mengelola kelas dengan baik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Nalar : Pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.