Efektifitas Penggunaan Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-7 Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021 Di SMP Negeri 6 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.12Keywords:
Efektifitas Pembelajaran, Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring), Google Classroom, Prestasi BelajarAbstract
Adanya virus Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Banyak permasalahan yang ditimbulkan dari adanya pembelajaran daring salah satunya yaitu kurang efektif penggunaan media pembelajaran daring sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam hal ini peneliti melihat efektifitas penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan prestasi belajar Matematika siswa. Penelitian dalam dua siklus dan melibatkan 46 orang subjek penelitian. Setelah data dikumpulkan melalui instrumen tes prestasi belajar, diperoleh peningkatan hasil belajar dengan data awal yang rata-rata kelasnya yaitu mencapai 70,13 dengan prosentase ketuntasan belajar baru mencapai 39,13%, pada siklus I meningkat menjadi 76,63 dengan ketuntasan belajar 73,91%. Sedangkan pada siklus II data tersebut telah meningkat menjadi 85,43 dengan ketuntasan belajar 100%. Data pada Siklus II ini sudah menunjukkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang melebihi indikator yang dipersyaratkan sehingga peneliti mengambil simpulan bahwa efektifitas penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII-7 semester II tahun pelajaran 2020/2021 di SMP Negeri 6 Denpasar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Nalar : Pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.