Penggunaan Strategi Guided Teaching Dan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK 1 Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 SMK Negeri 1 Mas - Ubud

Authors

  • Anak Agung Sagung Sri Damayanti SMK Negeri 1 Mas, Ubud

DOI:

https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.13

Keywords:

Strategi Guided Teaching, Metode Tutor Sebaya, Prestasi Belajar

Abstract

Prestasi belajar siswa ditunjukkan berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan belum berjalan secara maksimal. Oleh karena itu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa diperlukan model pembelajaran dengan model dan strategi yang tepat. Salah satunya adalah penerapan strategi Guided Teaching dan metode tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X AK 1 pada Semester Ganjil tahun pelajaran 2019/2020 SMK Negeri 1 Mas - Ubud. Jumlah subjek penelitian 37 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes prestasi belajar yang kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar tahapan: (1) menyusun rencana kegiatan, (2) melaksanakan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut hasil observasi awal pembelajaran siswa kurang aktif, mudah jenuh, dan perhatian siswa pada penjelasan guru sangat kecil sehingga nilai rata-rata siswa hanya sebesar 70,24 dengan 13 siswa (35,14%) tuntas dan 24 siswa (64,86%) belum tuntas. Setelah tindakan siklus I prestasi belajar meningkat menjadi rata-rata 74,95 dengan 27 siswa (72,97%) tuntas dan 10 siswa (27,03%) belum tuntas. Hasil tindakan pada siklus II penguasan materi setelah diberikan tes prestasi belajar meningkat menjadi rata-rata 81,38 dimana sudah semua siswa sebanyak 37 siswa (100%) yang tuntas. Presentase ketuntasan belajar pada siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan dan siklus dinyatakan tidak dilanjutkan, dengan simpulan bahwa pemanfaatan strategi Guided Teaching dan metode tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Damayanti, A. A. S. S. . (2022). Penggunaan Strategi Guided Teaching Dan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK 1 Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 SMK Negeri 1 Mas - Ubud. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118–126. https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.13