Usaha Maksimal Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Solving Melalui Whatsapp Group (WAG) Siswa Kelas VIII-3 Semester I SMP Negeri 6 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.14Keywords:
Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Problem Solving, Whatsapp GroupAbstract
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII-3 semester I SMP Negeri 6 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving melalui Whatsapp Group (WAG). Penelitian yang dilakukan sesuai tujuan di atas menggunakan tes prestasi belajar sebagai alat pengumpul datanya dan menggunakan analisis deskriptif sebagai alat untuk menganalisis data hasil penelitian. Setelah dilakukan analisis diperoleh peningkatan hasil dari data awal yang rata-ratanya 74,81 dengan ketentuan belajar 41,47% meningkat pada siklus I menjadi 78,85 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 77,08% dan pada siklus II meningkat lagi rata-rata kelasnya menjadi 86,19 dengan ketuntasan belajar 100,00%. Hasil tersebut telah membuktikan keberhasilan penelitian yang dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Solving melaui Whatsapp Group (WAG) mampu meningkatkan prestasi belajar Matematika. Hasil itu telah membuktikan bahwa hipotesis yang disampaikan dapat diterima serta peningkatan hasil sudah sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Nalar : Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.