Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Tari Siswa Kelas X MIPA 2 Semester I SMA Negeri 3 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.16Keywords:
Model Pembelajaran Project Based Learning, Google Classroom, Prestasi BelajarAbstract
Rendahnya prestasi belajar seni tari siswa kelas X MIPA 2 semester I SMA Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 yang baru mencapai rata-rata 68,46 dengan ketuntasan belajar 25,71% membuat peneliti berpikir banyak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar seni tari siswa kelas X MIPA 2 semester I SMA Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan selama proses pembelajaran yang telah dilakukan akhirnya dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini peneliti mengganti model yang telah dilakukan bertahun-tahun dengan model baru yang bersifat kontruktivis. Setelah giat melakukan pembelajaran dan giat mengumpulkan data menggunakan tes serta melakukan analisis menggunakan analisis deskriptif, diperoleh peningkatan hasil sesuai harapan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari keberhasilan siswa mencapapai nilai rata-rata kelas 73,51 dengan ketuntasan belajar 51,43% pada siklus I dan pada siklus II telah diperoleh peningkatan menjadi rata-rata 79,63 dengan ketuntasan belajar 94,29%. Semua data yang telah diperoleh menunjukkan keberhasilan perbaikan proses pembelajaran yang sebelumnya terus menerus dilakukan secara konvensional. Data tersebut menuntun peneliti ke sebuah kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning berbantu google classroom dapat meningkatkan prestasi belajar seni tari siswa kelas X MIPA 2 Semester I SMA Negeri 3 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Nalar : Pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.