Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Dengan Metode Debat Aktif Berbantu Youtube Pada Siswa Kelas XII MIPA 5 Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 Di SMA Negeri 3 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.17Keywords:
Prestasi Belajar, Metode Debat Aktif, YoutubeAbstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII MIPA5 semester I tahun pelajaran 2020/2021 di SMA Negeri 3 Denpasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah dengan metode debat aktif berbantu youtube pada siswa kelas XII MIPA5 semester I tahun pelajaran 2020/2021 di SMA Negeri 3 Denpasar. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah semua proses dilaksanakan yang dimulai dengan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan diteruskan dengan observasi/pengumpulan data dan diakhiri dengan refleksi yaitu melakukan analisis, ternyata data yang diperoleh cukup menggembirakan. Nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 68,34 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 22,86%, pada siklus I sudah meningkat menjadi 73,46 dengan ketuntasan belajar 51,43% dan pada siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 82,54 dengan ketuntasan belajar 94,14%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa prestasi belajar sejarah dapat meningkat dengan metode debat aktif berbantu youtube pada siswa kelas XII MIPA5 semester I tahun pelajaran 2020/2021 di SMA Negeri 3 Denpasar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Nalar : Pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.