Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Dengan Metode Debat Aktif Berbantu Youtube Pada Siswa Kelas XII MIPA 5 Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 Di SMA Negeri 3 Denpasar

Authors

  • Komang Relo Kusmini SMA Negeri 3 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.17

Keywords:

Prestasi Belajar, Metode Debat Aktif, Youtube

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII MIPA5 semester I tahun pelajaran 2020/2021 di SMA Negeri 3 Denpasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah dengan metode debat aktif berbantu youtube pada siswa kelas XII MIPA5 semester I tahun pelajaran 2020/2021 di SMA Negeri 3 Denpasar. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah semua proses dilaksanakan yang dimulai dengan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan diteruskan dengan observasi/pengumpulan data dan diakhiri dengan refleksi yaitu melakukan analisis, ternyata data yang diperoleh cukup menggembirakan. Nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 68,34 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 22,86%, pada siklus I sudah meningkat menjadi 73,46 dengan ketuntasan belajar 51,43% dan pada siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 82,54 dengan ketuntasan belajar 94,14%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa prestasi belajar sejarah dapat meningkat dengan metode debat aktif berbantu youtube pada siswa kelas XII MIPA5 semester I tahun pelajaran 2020/2021 di SMA Negeri 3 Denpasar

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Kusmini, K. R. . (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Dengan Metode Debat Aktif Berbantu Youtube Pada Siswa Kelas XII MIPA 5 Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 Di SMA Negeri 3 Denpasar. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 157–166. https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.17