Optimalisasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XII IPA1 Semester I SMA Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • I Desak Nyoman Seri Adnyani SMA Negeri 1 Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.18

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI), Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Ekonomi setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assissted individualization (TAI) pada siswa kelas XII IPA1 semester I SMA Negeri 1 Gianyar tahun pelajaran 2019/2020 secara optimal. Penelitian yang dilakukan sesuai tujuan di atas menggunakan tes prestasi belajar sebagai alat pengumpul datanya dan menggunakan analisis deskriptif sebagai alat untuk menganalisis data hasil penelitian. Setelah dilakukan analisis diperoleh peningkatan hasil dari data awal yang rata-ratanya38 69, dengan ketentuan belajar 21,43% meningkat pada siklus I menjadi 74,29 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 61,90% dan pada siklus II meningkat lagi rata-rata kelasnya menjadi 83,05 dengan ketuntasan belajar 92,86%. Hasil tersebut telah membuktikan keberhasilan penelitian yang dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team assissted individualization (TAI) mampu meningkatkan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XII IPA1 semester I SMA Negeri 1 Gianyar tahun pelajaran 2019/2020. Hasil itu telah membuktikan bahwa hipotesis yang disampaikan dapat diterima.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Adnyani, I. D. N. S. . (2022). Optimalisasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XII IPA1 Semester I SMA Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 167–177. https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.18