Optimalisasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XII IPA1 Semester I SMA Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.18Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI), Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Ekonomi setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assissted individualization (TAI) pada siswa kelas XII IPA1 semester I SMA Negeri 1 Gianyar tahun pelajaran 2019/2020 secara optimal. Penelitian yang dilakukan sesuai tujuan di atas menggunakan tes prestasi belajar sebagai alat pengumpul datanya dan menggunakan analisis deskriptif sebagai alat untuk menganalisis data hasil penelitian. Setelah dilakukan analisis diperoleh peningkatan hasil dari data awal yang rata-ratanya38 69, dengan ketentuan belajar 21,43% meningkat pada siklus I menjadi 74,29 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 61,90% dan pada siklus II meningkat lagi rata-rata kelasnya menjadi 83,05 dengan ketuntasan belajar 92,86%. Hasil tersebut telah membuktikan keberhasilan penelitian yang dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team assissted individualization (TAI) mampu meningkatkan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XII IPA1 semester I SMA Negeri 1 Gianyar tahun pelajaran 2019/2020. Hasil itu telah membuktikan bahwa hipotesis yang disampaikan dapat diterima.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Nalar : Pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.