Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantu Media Youtube Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Karya Ilmiah Siswa Kelas XI MIPA 4 Semester II SMA Negeri 3 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • I Made Astra Prayoga SMA Negeri 3 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.19

Keywords:

Model Pembelajaran Direct Instruction, Media Youtube, Prestasi Belajar

Abstract

Perlakuan yang lebih baik terhadap peserta didik menggunakan model-model tertentu dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas membuat prestasi belajar siswa mampu ditingkatkan. Hal tersebut merupakan dasar pembuatan penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MIPA 4 semester II SMA Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada materi karya ilmiah siswa kelas XI MIPA 4 semester II SMA Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022 dengan penggunaan model pembelajaran direct instruction berbantu media youtube. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah semua proses dilaksanakan yang dimulai dengan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan diteruskan dengan observasi/pengumpulan data dan diakhiri dengan refleksi yaitu melakukan analisis, ternyata data yang diperoleh cukup menggembirakan. Nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 69,31 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 27,78% dan pada siklus I sudah meningkat menjadi 74,06 dengan ketuntasan belajar 63,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,03 dengan ketuntasan belajar 91,67%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian tindakan kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran direct instruction berbantu media youtube dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada materi karya ilmiah siswa kelas XI MIPA 4 semester II SMA Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022 sesuai harapan.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Prayoga, I. M. A. . (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantu Media Youtube Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Karya Ilmiah Siswa Kelas XI MIPA 4 Semester II SMA Negeri 3 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 178–188. https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.19