Implementasi Metode Diskusi Kelompok Kecil Dengan Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya (Musik) Pada Materi Konsep Musik Barat Siswa Kelas XI MIPA 5 Semester I SMA Negeri 3 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.21Keywords:
Metode Diskusi Kelompok Kecil, Aplikasi Google Meet, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA Negeri 3 Denpasar pada siswa kelas XI MIPA5 semester I tahun pelajaran 2020/2021 adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran seni budaya (musik) siswa kelas XI MIPA5 semester I SMA Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 menggunakan metode diskusi kelompok kecil. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 69,74 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 31,43%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran seni budaya di sekolah ini adalah 75. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 73,80 dan prosentase belajarnya mencapai 65,71%. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 81,46 dan prosentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 94,29%. data pada siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan model pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah metode diskusi kelompok kecil dengan pemanfaatan aplikasi google meet dapat meningkatkan prestasi belajar seni budaya (musik) pada materi konsep musik barat siswa kelas XI MIPA5 semester I SMA Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Nalar : Pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.