Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Dengan Latihan Ketrampilan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Wacana Aksara Bali
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v2i1.22Keywords:
Model Pembelajaran Mastery Learning, Latihan Keterampilan, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Mastery Learning dengan Latihan Keterampilan pada pokok bahasan membaca wacana beraksara Bali. Penelitian ini mengambil 28 orang siswa, terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan, yang sedang belajar di kelas IX C pada semester Ganjil tahun pelajaran 2022/2023 di SMP Negeri 3 Banjarangkan. Penelitian tindakan kelas ini, juga bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Pembelajaran Mastery Learning dengan Latihan Keterampilan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa setelah dicobakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Keyakinan yang muncul dari awal adalah bahwa penggunaan model tradisional yang digunakan guru mencapai sehari-hari merupakan penghambat peningkatan prestasi belajar yang diharapkan sehingga peneliti memilih model yang lebih bersifat konstruktivitas. Setelah data dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, diperoleh kenaikan prestasi belajar siswa dari data awal 68,13 pada siklus I meningkat rata-rata tersebut menjadi 74,38 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,46 dengan ketuntasan belajar yang pada awalnya 21% meningkatkan menjadi 46% pada siklus I dan meningkat menjadi 88% pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan yang telah dilakukan secara maksimal mengikuti teori-teori para ahli pendidikan adalah model pembelajaran Mastery Learning dengan Latihan Keterampilan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Nalar : Pendidikan dan Pembelajaran
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.