Praktik Baik: Supervisi Individual Dalam Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan STEAM Saat Melaksanakan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mendesain Motif Batik Materi Transformasi Geometri

Authors

  • Ida Bagus Putu Sudiasa Pengawas Madya Dinas Pendidikan, Kepemudaan Dan Olah Raga Kabupaten Badung

DOI:

https://doi.org/10.52232/jnalar.v2i1.24

Keywords:

Praktik Baik, Project Based Learning, STEAM, Transformasi Geometri

Abstract

Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan STEAM saat melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi guru-guru matematika sekolah binaan mampu mendesain motif batik materi transformasi geometri serta yang terakhir menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran peserta didik baik pengetahuan atau keterampilan dalam menyelesaikan project untuk mengetahui tujuan pembelajaran sudah tercapai. Metode yang digunakan pendidik melakukan Ice Breaking untuk mencairkan suasana, membuat peserta didik lebih fokus lagi dalam mengerjakan project misalnya dengan yel-yel, tepuk PPK, salam PPK dan bernyanyi. Bagian evaluasi pengetahuan peserta didik, pendidik menggunakan evaluasi berbantuan GeoGebra untuk mengukur pemahaman materi dari peserta didik. Kesimpulan kegiatan ini yaitu: Seorang pendidik harus selalu mengembangkan dan menyesuaikan dirinya dengan kondisi terkini, selalu membuat inovasi-inovasi pembelajaran dan meningkatkan kemampuan kesiapan dalam melaksanakan pembelajaran dari segi persiapan perangkat pembelajaran dan sarana prasarana pendukung, juga kemampuan pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran yang sistematis dan terarah

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Sudiasa, I. B. P. . (2023). Praktik Baik: Supervisi Individual Dalam Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan STEAM Saat Melaksanakan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mendesain Motif Batik Materi Transformasi Geometri. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.52232/jnalar.v2i1.24