Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v2i1.25Keywords:
Hasil Belajar, Kooperatif Group Investigation (GI)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Petang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan bentuk guru sebagai peneliti, yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA3 SMA Negeri 1 Petang Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data persentase hasil belajar PPKn pada siklus I adalah 1) aspek sikap sebesar 71.87%; 2) aspek pengetahuan sebesar 68.75%; dan 3) aspek keterampilan sebesar 65.62%, dan pada siklus II yaitu rata-rata persentase hasil belajar PPKn pada 1) aspek sikap sebesar 87.50%; 2) aspek pengetahuan sebesar 81.25%; dan 3) aspek keterampilan sebesar 84.37%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa hasil belajar PPKn pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 15.63% pada aspek sikap, 12.50% pada aspek pengetahuan, dan 18.75% pada aspek keterampilan. Dengan demikian implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Petang Tahun Pelajaran 2022/2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Nalar : Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.