Pelaksanaan Supervisi Manajerial Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Sesuai Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v2i1.27Keywords:
Supervisi Manajerial, Kemampuan GuruAbstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sesuai Kurikulum 2013. Penelitian ini diupayakan untuk membantu guru secara aktif dalam menemukan cara-cara penyelesaian yang cepat dan tepat bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam mencapai nilai A (Amat Baik, rentang nilai 91 – 100). Penelitian tindakan sekolah dilakukan dengan model siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian adalah sebanyak 22 orang guru. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan peningkatan kemampuan guru, hal itu dapat dilihat dari perbandingan hasil pada observasi awal hanya memperoleh nilai 69,91 (kategori Cukup), pada siklus I meningkat menjadi nilai 79,95 (Kategori Baik), dan siklus II meningkat mencapai nilai 95,59 (Kategori Amat Baik). Dari paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan supervisi manajerial dapat meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sesuai Kurikulum 2013 pada guru-guru SMP Negeri 4 Mengwi, SMP Negeri 7 Mengwi dan SMP Negeri 4 Abiansemal semester II tahun pelajaran 2020/2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Nalar : Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.