Pelaksanaan Supervisi Manajerial Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Sesuai Kurikulum 2013

Authors

  • I Ketut Gede Birawa Anuraga Pengawas SMP Dinas Pendidikan, Kepemudaan Dan Olah Raga Kabupaten Badung

DOI:

https://doi.org/10.52232/jnalar.v2i1.27

Keywords:

Supervisi Manajerial, Kemampuan Guru

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sesuai Kurikulum 2013. Penelitian ini diupayakan untuk membantu guru secara aktif dalam menemukan cara-cara penyelesaian yang cepat dan tepat bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam mencapai nilai A (Amat Baik, rentang nilai 91 – 100). Penelitian tindakan sekolah dilakukan dengan model siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian adalah sebanyak 22 orang guru. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan peningkatan kemampuan guru, hal itu dapat dilihat dari perbandingan hasil pada observasi awal hanya memperoleh nilai 69,91 (kategori Cukup), pada siklus I meningkat menjadi nilai 79,95 (Kategori Baik), dan siklus II meningkat mencapai nilai 95,59 (Kategori Amat Baik). Dari paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan supervisi manajerial dapat meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sesuai Kurikulum 2013 pada guru-guru SMP Negeri 4 Mengwi, SMP Negeri 7 Mengwi dan SMP Negeri 4 Abiansemal semester II tahun pelajaran 2020/2021

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Anuraga, I. K. G. B. . (2023). Pelaksanaan Supervisi Manajerial Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.52232/jnalar.v2i1.27