Pendekatan Supervisi Individual Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Berbantuan Model Pembelajaran Mastery Learning
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v2i1.30Keywords:
Supervisi Individual, Kemampuan Guru, Model Pembelajaran, Mastery LearningAbstract
Kelemahan-kelemahan pelaksanaan proses pembelajaran harus diupayakan lewat melakukan sebuah penelitian tindakan. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan sekolah. Penelitian yang dilakukan pada guru-guru di SMP Negeri 3 Kuta Selatan, SMP Negeri 3 Petang, SMP Tunas Kasih dan SMP Soverdi Tuban. Pada semester I tahun pelajaran 2021/2022 bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran sekaligus untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Upaya yang dilakukan ini, tidak main-main karena dilakukan dengan membaca teori-teori yang disampaikan para ahli pendidikan untuk diterapkan secara benar dalam melaksanakan proses pembelajaran. Cara mengumpulkan datanya dilakukan melalui tes dan cara analisisnya adalah menggunakan analisis deskriptif. Terjadi hal yang menggembirakan bahwa setelah semua data dianalisis terjadi peningkatan kemampuan guru dalam proses pembelajaran. Data awalnya baru mencapai nilai 68,82, pada siklus I naik menjadi 78,47 dan pada siklus II naik menjadi 86,59. Data pada siklus II menunjukkan bahwa keberhasilan yang diharapkan telah tercapai bahkan telah melebihi indikator keberhasilan penelitian penelitian yang diusulkan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Nalar : Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.