PELAKSANAAN METODE BRAINSTORMING DENGAN PENUGASAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI.IPS 1 SMA NEGERI 1 KUTA
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i1.5Keywords:
Metode Brainstorming, Pendekatan Ilmiah, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar geografi siswa kelas XI.IPS 1 semester II tahun pelajaran 2019/2020 di SMA Negeri 1 Kuta dengan pelaksanaan metode brainstorming dengan penugasan. Penelitian ini dilakukan terhadap 36 subjek penelitian. Cara yang dilakukan adalah menambah gaya pembelajaran lama yang konvensional menjadi cara pembelajaran baru yang bersifat penemuan menggunakan pelaksanaan metode brainstorming dengan penugasan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data hasil penelitian digunakan tes prestasi belajar dan untuk menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakukan terjadi peningkatan dari data awal dengan rata-rata 66,06 dengan ketuntasan belajar 38,89%, pada siklus I rata-ratanya meningkat menjadi 69,86 dengan ketuntasan belajar 72,22%. Pada siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 81,14 dengan ketuntasan belajar 100%. Dengan demikian dapat disampaikan simpulan bahwa pelaksanaan metode brainstorming dengan penugasan dapat meningkatkan prestasi belajar Geografi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal NALAR (Pendidikan dan Pembelajaran)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.