USAHA MAKSIMAL MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI DENGAN PEMANFAATAN METODE TANYA JAWAB MULTIARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 KUTA
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i1.6Keywords:
Prestasi Belajar, Metode Tanya Jawab MultiarahAbstract
Materi Sosiologi yang disampaikan guru belum dipahami dengan baik. Hal itu telah menyebabkan rendahnya prestasi belajar Sosiologi yang diperoleh siswa. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang tepat untuk mengajarkannya agar mereka mudah dalam menerima pelajaran ini. Pemanfaatan metode tanya jawab multiarah diupayakan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar Sosiologi Siswa Kelas XI.IPS 1 semester II tahun pelajaran 2019/2020 SMA Negeri 1 Kuta. Tujuannya, agar prestasi belajar Sosiologi dapat ditingkatkan sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Belajar yang diharapkan sebesar 70,00. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan tes prestasi belajar yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pemanfaatan metode tanya jawab multiarah dapat meningkatkan prestasi belajar Sosiologi, dibuktikan dari hasil yang diperoleh pada data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan nilai rata-rata sebesar 65,83 dengan ketuntasan belajar mencapai 38,89%, siklus I meningkat menjadi 69,92 dengan ketuntasan belajar 69,44%, siklus II meningkat menjadi 81,36 dengan ketuntasan belajar 100%. Hal itu membuktikan bahwa pemanfaatan metode tanya jawab multiarah dapat meningkatkan prestasi belajar Sosiologi Siswa Kelas XI.IPS 1 semester II tahun pelajaran 2019/2020 SMA Negeri 1 KutaPrestasi Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal NALAR (Pendidikan dan Pembelajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.