PENGGUNAAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA BALI SISWA KELAS X.IPA 8 SMA NEGERI 1 KUTA
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i1.7Keywords:
Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Prestasi BelajarAbstract
Perolehan data prestasi belajar Bahasa Bali yang rendah bagi siswa di kelas X.IPA 8 di SMA Negeri 1 Kuta menuntun peneliti untuk melakukan penelitian tindakan, mengingat penelitian dilakukan di kelas maka penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Bali siswa. Dalam pelaksanaannya di lapangan, peneliti memberikan tahapan berupa siklus yang masing-masing tediri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi/pengumpulan data diakhiri dengan tahap refleksi yang termasuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh.Setelah data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh peningkatan hasil yang sesuai harapan tujuan penelitian ini. Data tersebut adalah peningkatan yang terjadi dari awal dimana siswa baru mampu mencapai ketuntasan belajar 44,44% dengan rata-rata kelas 66,94 dan pada siklus I telah meningkat ketuntasan belajar menjadi 75% dengan rata-rata kelas 69,86 dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu ketuntasan mereka sudah mencapai 100% dengan rata-rata kelas 81,22. Sedangkan indikator keberhasilan penelitian pada siklus II membuat agar prosentase ketuntasan belajar mereka mencapai minimal 85% dengan rata-rata kelas 80,00. Sedangkan data yang diperoleh sudah melebihi indikator tersebut. Oleh karenanya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan Creative Problem Solving dalam proses belajar mengajar mampu meningkatan belajar Bahasa Bali siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal NALAR (Pendidikan dan Pembelajaran)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.