OPTIMALISASI PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS IT DALAM PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i1.8Keywords:
Media IT, Pembelajaran, SupervisiAbstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media berbasis IT dalam pembelajaran pada guru SMP Negeri 3 Pupuan. Subjek penelitian merupakan guru SMP Negeri 3 Pupuan sebanyak 15 orang, objeknya adalah pemanfaatan media IT dalam pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik kepala sekolah. Intrumen berupa pedoman observasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah minimal 80 % guru mampu memanfaatkan media IT dalam pembelajaran serta minimal 80% guru sering menggunakan media IT. Hasil yang diperoleh peningkatan pemanfaatan media IT oleh guru dalam proses pembelajaran meningkat dari pra siklus sebanyak 6 orang (60%) guru memanfaatkan media IT dalam pembelajaran meningkat pada siklus I menjadi 14 orang (93,33%) guru yang memanfaatkan Media IT dalam Pembelajaran dan pada siklus II sejumlah 14 orang (93,33%) guru yang memanfaatkan Media IT dalam pembelajaran. jika dilihat dari frekuensi pemanfaatan media IT dalam pembelajaran dari siklus I sebanyak 9 0rang guru yang sering memanfaatkan media IT dan meningkat pada siklus II menjadi 12 orang guru (80%) kesimpulan penelitian ini adalah pemanfaatan media IT dalam pembelajaran dapat dioptimalkan melalui kegiatan supervisi yang dilakukan secara berkala oleh kepala sekolah termasuk juga berkolaborasi antar guru SMP Negeri 3 Pupuan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal NALAR (Pendidikan dan Pembelajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.