MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA BALI MELALUI PENERAPAN STRATEGI GUIDED TEACHING DAN STRATEGI TUTOR SEBAYA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 6 DENPASAR

Authors

  • I Nengah Wijana SMP Negeri 6 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i1.4

Keywords:

Prestasi Belajar, Strategi Guided Teaching, Strategi Tutor Sebaya

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan bertujuan meningkatkan prestasi belajar Bahasa Bali siswa VIII A semester II tahun pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 6 Denpasar melalui penerapan strategi guided teaching dengan strategi tutor sebaya. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan, demikian pula halnya dengan Siklus II. Data prestasi belajar peserta didik digali dengan tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar Bahasa Bali mengalami peningkatan ini terbukti dari data yang berhasil diperoleh yaitu dari hasil tes awal yang dilakukan nilai rata-rata prestasi belajar Bahasa Bali baru mencapai 72,78 dengan ketuntasan belajar 31,11% pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 78,24 dengan ketuntasan belajar 77,78%. Pada siklus II setelah dilakukan penyempurnaan perlakuan dari kekurangan yang ditemukan pada siklus sebelumnya prestasi belajar Bahasa Bali meningkat menjadi 84,22 dengan ketuntasan belajar 97,78%. Hal itu menandakan bahwa model pembelajaran yang diterapkan telah berhasil meningkatkan prestasi belajar Bahasa Bali

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Wijana, I. N. . (2021). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA BALI MELALUI PENERAPAN STRATEGI GUIDED TEACHING DAN STRATEGI TUTOR SEBAYA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 6 DENPASAR. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i1.4